Sedikit tentang Internet Information Services

Kali ini, kami ingin sedikit membahas tentang Internet Information Services(IIS). Buat yang belum tau, IIS ini merupakan sebuah HTTP WebServer yang terdapat dalam windows. Terdapat beberapa jenis IIS, yakni IIS 5 (win XP), IIS6 (win server 2003) serta IIS 7 (win Vista dan win server 2008). Pada Windows XP, IIS merupakan komponen windows yang secara default belum terinstall, sehingga agar dapat menggunakannnya kita perlu menginstall terlebih dahulu.

Caranya cukup mudah : masuk control panel -> add/remove programs -> add/remove windows component. Lalu beri tanda check pada internet information services. Setelah itu, kita akan diminta memasukkan CD instalasi windows XP. Setelah itu, bila belum ada kita tinggal menginstal .NET (2.0/3.5)runtime yang bisa di download di situs microsoft.

Bila kita menginstall IIS sebelum menginstall .NET runtime, biasanya akan terjadi error ketika mengakses IIS. Hal ini dikarenakan, IIS tidak mengenali file ASP.NET(misalnya .aspx), sehingga ketika browser meminta sebuah page maka IIS akan mengirimkan text “mentah” ke browser.

Untuk memperbaikinya,kita perlu memperbaiki IIS file mappings. Caranya cukup dengan mengetikkan :

c:\Windows\Microsoft.NET\Framework\v2.0.50727\aspnet_regiis.exe -i

dalam command prompt, dan masalah selesai. Cara lain untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan me-repair .NET compact framework yang terinstall dalam komputer. Caranya masuk ke add/remove program, lalu pilih change/remove .NET compact framework 2.0/3.5. kemudia dalam install shield wizard pilih repair.

Untuk mulai mengatur website dalam IIS, kita bisa menggunakan IIS manager(inetmgr.exe). Agar dapat men-deploy web dengan IIS maka kita terlebih dahulu perlu membuat sebuah virtual directory. Untuk membuatnya expand node website yang ada di bagian kiri window, lalu klik kanan default website dan pilih new->virtual directory. Pilih nama alias yang akan digunakan, kemudian pilih direktori fisik yang akan dijadikan virtual direktori(misalnya c:\Inetpub\wwwroot, yang akan digunakan sebagai root dalam virtual direktori). Kemudian pilih permission untuk virtual directory yang sedang dibuat. Untuk menjalankan ASP.NET application, kita hanya perlu memilih execute dan read saja.

Untuk mencoba apakah IIS sudah berjalan dengan baik, buatlah sebuah halaman, misalnya test.aspx dan simpan di c:\Inetpub\wwwroot. Lalu pada browser ketikkan http://localhost/test.aspx. Bila halaman tersebut berhasil dibuka dengan baik, maka artinya IIS sudah berjalan dengan baik.

Demikian sedikit pengenalan tentang IIS yang mungkin dapat berguna bagi para pembaca..

Terima Kasih

About these ads
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: