Cara Unhidden Folder yang ter- Hidden tanpa regedit dan DOS command

Mendapati Folder dan file-file anda hilang dari Explorer ? …………………..

Bisa jadi komputer anda sudah terinfeksi virus atau malware yang mengaktifkan Fungsi Super Hiddenterhadap folder dan data-data kerja anda. Jangan kuatir data-anda masih ada dan hanya tersembunyi oleh kerjaan malware. Folder dan data bisa dengan mudah kita tampilkan dengan mengaktifkan Tools>folder options…>View>uncheck Show hidden files and Hide protected operating system files ( Recomended) namun sayang folder yang sudah tampil berubah attributnya menjadi Read Only dan System Files jika folder tersebut di klik propertiesnya.

Jika folder tersebut di copy dan dibuka di komputer lain, maka anda harus mengaktifkan step-step diatas untuk bisa menampilkannya, repot bukan ?

Bagaimana agar file tersebut kembali normal ?
Saya mencoba dengan menggunakan Command DOS attrib yang dikenal handal, namun tetap tidak mampu untuk mereset attrib file tersebut. Seperti terlihat digambar dibawah ini :

Gambar diatas menunjukkan mengembalikan attribut Folder Asav yang ada di Drive D:\ Hasilnya Not resetting hidden file – D:\Asav :( dalam hal ini misi failure / gagal maning :)

Googling ke mbah google saya menemukan satu aplikasi sederhana (kecil dan ringan) yang tentunya tidak Free (namun anda bisa mencoba Trial-nya) aplikasi tersebut adalah File Tweak.

Cara penggunaan :
1. Download terlebih dahulu aplikasi tersebut
2. Install
3. Tutup explorer jika masih ada yang terbuka
4. a. Klik kanan pada folder yang hidden (tampilan biasanya transparan) ->

b. Pilih Tab Attributes – > Pilih uncheck/kosongin/non-aktifkan atrribut filenya Read-Only, Hidden, System, pilih sub folder jika ada folder didalam folder, trus Klik OK

Sekarang Folder dan File anda sudah kembali normal dan bisa diakses dari komputer manapun.

Download Disini

Semoga bermanfaat.

About these ads
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: