Sekilas Visual Basic 6.0

Bahasa pemrograman yang pertama kali saya pelajari adalah basic (basica.com dan QBasic), baru kemudian pascal dan C — dengan basis sistem operasi DOS. Ketika muncul sistem operasi windows (awal tahun 1990-an), kebanyakan orang (termasuk saya) langsung berimigrasi ke bahasa pemrograman yang disediakannya — Ms. Visual Basic. Basaha ini mudah, enak, banyak reource-nya, dan banyak penggunanya. Kita semua bisa bertanya dan berdiskusi mengenai bahasa pemrograman ini sesama teman. user interface-nya cukup bagus dan mudah untuk mendukung program aplikasi yang diperlukan. Banyak user bahasa lain pindah ke VB. Saya puas dengan VB.  Tutorial VB2 ; Tutorial VB

Tetapi, kemudian, muncullah bahasa pemrograman lain yang juga berbasiskan windows — delphi, visual C++, dan C++ builder. Seiring dengan perkembangan ini, sebenarnya tidak banyak pendidikan formal setingkat perguruan tinggi (mungkin hanya beberapa) yang mengajarkan materi VB. Pada umumnya, yang diajarkan adalah algoritma (yang sudah dekat dengan pascal, c, atau ada) yang kemudian diimplementasikan dalam compiler delphi (baru sebagian kecil vb). Pada era ini banyak pengguna yang pindah kembali dari vb ke delphi atau C++ builder. Saya yang sudah sedikit bisa VB kemudian juga berimigrasi ke delphi. Saya
pindah ke delphi karena banyak sekali kelemahan relatif vb.

Memang di satu sisi, VB merupakan bahasa pemrograman yang cukup ‘dimanja’ oleh developer dan pihak ketiga yang mendukungnya. Banyak contoh program dan komponen yang disediakan untuk VB. Cara & proses menginstall dan mengintegrasikan komponen ini kedalam project-pun relatif mudah di vb dibanding bahasa yang lain. VB digunakan dalam berbagai aplikasi.

Walaupun demikian, ketika saya ingin bekerja dengan tujuan atau aplikasi dengan kebutuhan tertentu, nampaklah beberapa kekurangan relatif VB. Sebagaimana diketahui, yang paling cepat adalah assembler. Tetapi untuk high language adalah C. Ternyata tidak. Delphi tidak lebih lambat dari C. Yang jelas memang VB yang terlambat. Hingga vb 6.0, setahu saya compiler VB tidak dapat membuat suatu file executeable dengan ukuran besar yang dapat
membungkus semua file yang diperlukan (OCX, DLL). Akibatnya, proses instalasi aplikasi yang dibangun dengan menggunakan VB harus juga menyertakan OCX dan DLL yang diperlukan.
Hal ini yang bisa merugikan pembuat OCX dan DLL komersial tersebut.

Dari pengamatan saya, sebagian pengguna VB tidak memanfaatkan konsep kelas (dan memang, menurut saya konsep kelas di dalam VB relatif bias dibanding C, delphi, Ada). Ironisnya, tidak sedikit pihak ketiga yang mengembangkan sebagian komponen VB membuat komponen VB dengan menggunakan compiler delphi atau C. Variabel, di vb bisa dibuat secara instant. Artinya boleh tidak dideklarasikan sebelumnya. Hal ini dapat dipandang kurang mendidik bagi penggunanya untuk bersikap hati-hati. Konsep struktur data tidak serapi pascal. Dan, masih banyak lagi kelemahan VB yang saya ketahui. Saya rasa yang lain juga merasakannya.

Menurut pengamatan sepintas saya, VB adalah compiler yang paling banyak digunakan di indonesia. Sementara di Amerika (juga eropa), VB sangat jarang digunakan untuk aplikasi komersial. Malah yang banyak digunakan adalah Delphi, C++ builder, Visual C++, dan lain sebagainya. Mungkin, kenyataan ini dapat memberikan gambaran aplikasi dan kondisi programmer kita di indonesia.

Ok, teman-teman, walaupun demikian, yang menjadi hakim (kriteria atau tolok ukur), tetap adalah kebutuhan. User requirement. Jadi, sesuai dengan pengalaman saya, dalam memilih bahasa pemrograman yang harus diperhatikan adalah kebutuhan atau bidang aplikasinya. Untuk aplikasi basisdata sederhana kita bisa pakai VB, delphi atau apa saja. Saya menggunakan VB untuk aplikasi sederhana. jika ingin aplikasi yang cepat, realtime, dan waktu menjadi kendala, sebaiknya gunakan bahasa yang lain. VB menjadi demikian kuat karena dukungan sistem operasi dan developer-nya.

Satu Tanggapan

  1. mas, mau tanya bagaimana jika menyimpan data menggunakan insert into dari 3 buah form master pada VB dengan 1 buah tabel master pada database microsoft acces?
    example tabel master terdiri dari 167 field yang tidak cukup apabila dimasukan di 1 form pada VB.. mohon petunjuknya…
    thank..
    -hani-
    proggrammer database PT CAT
    jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: